Minggu, 19 Juni 2016

Menyembuhkan Anyang-anyangan dengan Ekstrak Cranberry

Merang (Sumber Gambar: ERESEP)
Masih teringat sekali saat masih kecil dulu, ketika anyang-anyangan maka nenek akan mencari batang padi (merang) dan mengikatkannya ke jempol kaki kananku. Setelah itu, dengan PeDe-nya aku akan kembali bermain bersama teman-teman di pekarangan rumah. Entah karena mujarabnya ikatan jempol kaki, atau karena khasiat merangnya. Yang jelas, saat itu, anyang-anyangan langsung sembuh dan aku tidak perlu lagi bolak-balik ke kamar mandi. Bagaimana dengan Anda? Pernah mengalami hel seperti yang kualami nggak?
Yang juga masih kuingat, hal yang paling mengganggu dari anyang-anyangan adalah karena meskipun berasa ingin buang air kecil, tetapi ketika sampai di kamar mandi maka yang keluar sangat sedikit dan serasa tidak tuntas. 

Tapiii... menginjak remaja, mengikat jempol kaki dengan merang ternyata sudah tidak lagi mujarab untuk mengatasi anyang-anyangan. Kakak perempuanku pun mulai mengeluarkan tips mengatasi anyang-anyangan yang baru, yaitu dengan (maaf) buang air kecil di atas bara tempurung kelapa. Tentu saja saat itu aku tidak mau mempraktikkannya. Takutlaaa.... masa iya harus duduk jongkok dan dibawahnya ada bara api. Hmmmm.... klo kebakar gimana dong. 

Dan solusi yang bijaksana dan mujarab pun diberikan oleh ibu. Aku disuruh minum air berwarna hijau yang sangat pahit rasanya. Yang kemudian aku tahu, kalau air tersebut adalah air perasan daun kumis kucing. Nah lo. Itu kumis kucing yang aku tanam di sebelah kamar mandi ternyata sama ibu dijadikan obat untuk anyang-anyangan. Tapi memang mujarab sih. Begitu usai minum air daun perasan kumis kucing, anyang-anyangan pun sembuh. Dan setelah itu, setiap kali aku anyang-anyangan aku akan mengambil pucuk daun kumis kucing, mencucinya, dan menjadikannya sebagai lalapan. 

Waktu berlalu, hingga akhirnya tibalah saatnya harus merantau dan jauh dari orangtua, dan jauh dari desa. Anyang-anyangan yang memang sering muncul harus mulai kukenali sendiri mengapa terjadi padaku. Karena jauh dari orangtua, maka aku juga harus bisa menyelesaikan masalahku sendiri. Akupun tahu kalau anyang-anyangan yang kualami selalu terjadi ketika aku mengonsumsi minuman berasa. Yah, apapun itu jenis minumannya, kalau aku meminumnya, aku langsung anyang-anyangan. Bisa jadi pemanis buatan yang ada terkandung pada minuman berasa tersebut menjadi penyebab anyang-anyangan. 

Aku juga mencoba mencari tahu lebih jauh apa sebenarnya penyebab terjadinya anyang-anyangan. Beberapa referensi menyebutkan bahwa anyang-anyangan terjadi ketika kita memiliki kebiasaan menahan buang air kecil, kurang konsumsi air putih, kurang konsumsi sayur dan buah, kebiasaan hidup tidak sehat, kurang berolahraga. 

O iya, ternyata aku juga tidak boleh meremehkan anyang-anyangan lo, karena ternyataaa .... anyang-anyangan itu juga merupakan salah satu gejala terjadinya infesksi saluran kemih. So sooo ..... Karena jauh dari rumah dan harus tinggal sendiri, aku harus tahu diri. Bahwa supaya tidak anyang-anyangan, aku harus menghindari minuman-minuman berasa, terutama minuman bersoda. Baik yang sudah dalam bentuk cairan maupun yang masih dalam bentuk serbuk. Karena tidak mungkin kan aku harus lari pulang ke desa untuk mendapatkan daun kumis kucing ketika anyang-anyangan menyerang. 

Untuk mengatasi hal tersebut, aku pernah mencoba menanam daun kumis kucing di dalam pot. Tetapi rupanya kami tidak berjodoh, karena setiap kali aku membawa tanaman ini dari desa, aku tidak pernah bisa membiarkannya hidup dengan baik. Tanaman yang kutanam selalu saja layu dan mengering. 
Dan, ternyata lagi, ketidakberjodohanku dengan kumis kucing untuk tinggal bersama ini membawa hikmah, karena ternyata yang bisa menjadi obat penyembuh anyang-anyangan bukan hanya daun kumis kucing lo. Ada si merah yang segar dan manis yang siap untuk menjadi penyembuh anyang-anyangan, yaitu buah cranberry.


Ajibnya lagi, buah cranberry ini tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan anyang-anyangan, tetapi juga bagus untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung. 

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan.
Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung (
mypriveworld.com)

Untuk mengosumsi cranberry ini pun tidak perlu repot-repot, karena sekarang tersedia ekstrak cranberry yang dikemas dalam bentuk kapsul, yaitu Prive Uri-cran dan dalam kemasan sachet, yaitu Prive Uri cran Plus. Kemasan Prive Uri Cran ini menjadikan ekstrak cranberry lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih tahan lama untuk disimpan. 

Prive Uri-Cran Kapsul dan Sachet (Sumber gambar: mypriveworld.com)
Nah, bagaimana? Ketika anyang-anyangan menyerang, maka harus segera siaga ya. Jangan dianggap remeh, karena ternyata anyang-anyangan itu bisa jadi merupakan indikator adanya infeksi saluran kemih yang kita alami. Apalagi jika sakit buang air kecil ini terlalu sering menyerang dan disertai dengan rasa panas atau nyeri saat buang air kecil. Kita harus segera waspada, karena berdasarkan penelitian 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih yang diawali dengan anyang-anyangan.


Untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan, maka kita pun harus menghindari penyebabnya yaaa. Jangan pernah membiasakan diri menahan buang air kecil, penuhi kebutuhan konsumsi air putih, penuhi konsumsi sayur dan buah, biasakan hidup sehat, dan berolahraga teratur. Dan satu lagi, sediakan prive uri cran di kotak obat, supaya ketika anyang-anyangan menyerang, kita tidak perlu lagi mencari-cari merang atau benang untuk mengikat jempol kaki kita :-).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar