Senin, 12 Januari 2015

Daun Jarum Tujuh Bintang

Daun jarum tujuh bintang atau jarum tujuh bilah memiliki bahasa latin Pereskia Sacharosa/saecnarosa. Dalam tradisi pengobatan China, daun jarum tujuh bintang yang dikenal dengan nama Chat Sim Chan juga disebut sebagai pohon 1001 manfaat dan juga sebagai pohon kanker. 

Kandungan antioksidan dan fenolik dalam daun tujuh bintang memang diindikasi dapat menahan dan mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker hati, kanker ovarium, kanker usus besar/lambung. Selain itu, daun tujuh bintang juga berkhasiat untuk menyelesaikan masalah mulut dan gusi, perut kembung, masalah pencernaan, diabetes, darah tinggi, ambeien atau wasir, rematik, pasca operasi, gangguan ginjal, dan lain-lain. 

Nah, untuk memperoleh manfaat daun jarum tujuh bintang untuk pengobatan dan kesehatan, cukup dengan mengonsumsinya secara teratur. Cara konsumsinya cukup mudah kok, boleh direbus, dibuat lalapan, ataupun dijus. Untuk yang direbus dipilih daun yang tua,10 lembar saja untuk pengobatan (selama 3 hari) dan selanjutnya untuk pemulihan 3 lembar daun yang tua. Sedangkan jika dipakai untuk lalapan, pilih 3 lembar saja daun yang muda. O iya, meskipun daunnya itu mengandung lendir, tetapi tidak berasa pahit. Jadi tidak perlu khawatir. Jika mau menanam, boleh juga. 
Menurut kakak ipar saya yang kebetulan menanamnya, pemeliharaannya mudah sekali. Karena memang daun jarum tujuh bintang itu cocok dengan segala jenis tanah, iklim, dan cuaca, terutama sangat cocok dengan daerah tropis macam Indonesia. 

Pingin tahu ciri-cirinya? 
Daunnya berwarna hijau, panjang kisaran 3 - 10 centimeter. Punya bunga cantik berwarna oranye, dan memiliki 7 duri di setiap batangnya. Durinya kecil-kecil dan tidak tajam-tajam banget. So, santai saja kalau memetiknya. Tidak perlu takut terluka. Paling juga kaget sebentar saja. 

Pingin tahu bagaimana saya berkenalan dengannya? 
Kakak ipar saya juga yang memberi tahu kami, pada saat suami mengalami benjolan di siku-siku sebelah kiri yang diperkirakan pembesaran kelenjar getah bening. Memang beliau punya riwayat pembesaran kelenjar getah bening sih, bahkan dulu pernah dioperasi. 

Nah, karena untuk kali ini setiap kali ke tempat praktik dokter ternyata dokternya tutup, akhirnya Kakak Ipar mengusulkan untuk mencoba minum daun jarum tujuh bintang ini. 
Dan, jreng-jreng ... Baru sekali minum, keesokan harinya ada indikasi pengempisan kelenjar di siku. Maksudnya tidak terlalu menonjol seperti biasa. Yaaa, memang sih, hasil ini belum bisa dikatakan signifikan. Tetapi, its okey. Sugesti positif akan memberi hasil yang positif juga bukan?

1 komentar:

  1. Ramuan penyakit kelenjar getah bening",insha allah tok cer" dengan puluhan tanaman,mengempiskan gumpalan/benjolan di leher, jika tidak diobati akan jadi nanah" seperti bisul".jangan tunggu nanti segera yg masih baru mudah mengempis" per bungkus 100Ribu, untuk 100gelas.SMS:0896-7677-2251. dengan pak soleh.

    BalasHapus